Rabu, 19 Desember 2018

Cara Mencegah Ambeien

Cara Mencegah Ambeien - Ambeien adalah penyakit atau gangguan pada tubuh manusia di sekitar bagian bawah anus atau rektum. Wasir juga sering disebut wasir, dalam bentuk pembengkakan yang menghasilkan ketidaknyamanan seperti rasa sakit, gatal, dan kegiatan sehari-hari yang sangat mengganggu.

Mencegah Sebelum Terjadinya Ambeien

Ambeien dapat disebabkan oleh sejumlah hal, mulai dari faktor keturunan atau gaya hidup yang buruk. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menghindari beberapa pola hidup yang dapat menyebabkan wasir. Sebab, ketika Anda mengalami ambeien, penanganannya cukup sulit. Akan lebih baik jika Anda mencegah kedatangan wasir sebelum menjadi momok untuk kegiatan sehari-hari.


1. Jangan Terbiasa Menahan BAB

Mungkin ini adalah hal yang umum untuk semua orang. Membela BAB adalah hal yang tidak dianjurkan, terutama dalam ilmu kesehatan. Karena, dengan buang air besar sering, tinja akan mengeras dan menjadi lebih keras. Ketika sudah mengeras, tinja akan sulit dikeluarkan dan membuat otot di sekitar anus bekerja lebih banyak. Oleh karena itu, segera keluarkan dan jangan menahannya!

2. Jangan Duduk Terlalu Lama

Salah satu faktor yang menyebabkan wasir adalah gaya hidup yang tidak sehat, seperti duduk terlalu lama. Memang benar, rutinitas yang menumpuk membuat kebanyakan orang lupa waktu dan melupakan segalanya, termasuk kesehatan. Jika Anda adalah orang yang melakukan kegiatan sehari-hari, ada baiknya untuk sesekali meregangkan otot-otot Anda, misalnya berjalan atau peregangan ringan lainnya. Karena, ketika Anda duduk terlalu lama, maka gumpalan darah akan menumpuk di daerah sekitar anus sehingga terjadi pembengkakan yang sering membuat sakit dan sangat menyakitkan.

3. Mengonsumsi Makanan Berserat

Salah satu cara paling efektif untuk mencegah wasir adalah dengan meningkatkan asupan serat. Sebab, dengan cukup banyak serat di dalam tubuh akan mempengaruhi bentuk dan tekstur kotoran. Sehingga tinja akan menjadi lebih lentur dan lebih mudah untuk dikeluarkan. Berbeda halnya dengan orang yang kekurangan kebutuhan serat, tinja tidak akan memiliki kelenturan sehingga anus akan lebih sulit untuk mengeluarkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar