Rabu, 19 Desember 2018

Terapi dan Pencegahan Ambeien

Terapi dan Pencegahan Ambeien - Wasir atau wasir adalah kondisi di mana pembuluh darah di sekitar anus bagian bawah atau rektum membengkak dan menjadi meradang. Wasir biasanya terjadi karena mengejan saat buang air besar. Kehamilan, usia lanjut, kesulitan dengan buang air besar (sembelit) dan terlalu banyak duduk meningkatkan risiko seseorang wasir. Ambeien biasanya tidak berbahaya, dan umumnya menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Tanda atau Gejala Wasir

Hemoroid internal (di rektum) biasanya menyebabkan pendarahan yang tidak sakit saat buang air besar. Namun, darah yang dapat keluar bersama feses juga bisa disebabkan oleh selain wasir (seperti kanker usus besar). Jika Anda menemukan darah dalam tinja Anda, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter.


Gejala lain adalah kencing yang terasa tidak lengkap meskipun tidak ada hal lain yang bisa dihilangkan. Selain itu, Anda mungkin juga merasakan sakit, gatal atau iritasi di sekitar anus. Ini terutama benar ketika wasir "menonjol" (prolaps). Anda biasanya dapat menempatkan hemoroid kembali melalui anus dan masalahnya terpecahkan, tetapi jika tidak dapat dimasukkan dan membesar karena terjebak di luar anus, Anda perlu ke dokter.

Pencegahan

Pencegahan Wasir yang Efektif Adalah Mencegah Konstipasi

  1. Makan makanan yang mengandung banyak serat dan air yang sangat bermanfaat untuk melembutkan kotoran dan memperlancar buang air besar.  Buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian merupakan sumber serat yang baik untuk kesehatan.
  2. Jangan tunda gerakan usus karena akan membuat tinja lebih keras dan lebih sulit dikeluarkan.
  3. Jika Anda mengalami kesulitan buang air besar, cobalah posisi jongkok yang lebih alami dan fasilitasi pembuangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar